Beranda News Begini Cara Cek Laporan APBDes di Masing-Masing Desa

Begini Cara Cek Laporan APBDes di Masing-Masing Desa

1783
0
Website Sistem Informasi Desa (SID)

JAILOLO – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang donahkodai oleh Abdul Halim Iskandar telah menyiadakan Sistem Informasi Desa (SID) yang dapat diakses oleh masyarakat untuk menegtahui laporan yang diajukan oleh pemerintah desa se-Indonesia.

Dilansir dari kabarbantuan.com. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat membantu pemerintah pusat untuk mengawasi benar atau tidaknya penggunaan anggaran baik Dana Desa (DD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Sistem Informasi Desa (SID) ini serta bagaimana caranya mencari data baik Dana Desa maupun APBDes yang telah digunakan oleh masing-masing pemerintah desa.

Begini cara cek laporan APBdes dan DD, apakah sesuai dengan fakta di wilayahmu masing-masing?

Website Sistem Informasi Desa (SID)

Akses website Kementerian Desa di www.sid.kemendes.go.id menu tampilan awal akan tampil. Kemudian masukan data desa yang akan dicari dengan cara pilih provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa.

Setelah memilih data desa, maka halaman website akan secara otomatis berganti dan menunjukan data deskripsi desa. Anda dapat mencocokkan data desa yang ingin dicari melalui SID Kemendes. Jika benar data disajikan merupakan data desa yang anda ingin cek laporan APBDes dan DD nya maka anda dapat melanjutkan pencarian tersebut.

Pilih menu APBDes yang ada disbeelah kanan atas icon deskripsi desa, lalu klik. Pada menu APBDes akan muncul tampilan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Diikuti dengan sajian data desa.

Dokumen APBDes salah satu desa di kab. halmahera barat

 

Dalam website ini juta disajikan data APBDes dari tahun 2017 hingga tahun 2020 yang meliputi tentang kode rekening, uraian penggunaan, nominal anggaran, serta sumber dananya baik pendapatan, belanja dan juga pembiayaan yang dilakukan pemerintah desa setempat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here