Beranda Daerah Sidang Pilkada Halbar, MK Lanjutkan Jumat Pekan Depan

Sidang Pilkada Halbar, MK Lanjutkan Jumat Pekan Depan

887
0

JAILOLO – Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI), menunda sidang perdana permohonan pemohon nomor perkara 108/PHP.BUP-XIX/2021, Pemohon Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) nomor urut 2 Danny Misy dan Imran Lolori, pada Jumat (5/2) akan datang pukul 08:00-09:00 WIB, dengan agenda pemeriksaan persidangan untuk mendengar jawaban termohon KPU, keterangan bawaslu, Keterangan pihak terkait dan pengesahan alat bukti.

Sidang perdana yang gelar di Gedung MK, Kamis (28/01), melalui Chanel Youtube Mahkamah Konstitusi yang disiarkan secara langsung, Pemohon menghadirkan kuasa hukum Mulyadi Maks Phillian, untuk menyampaikan pokok-pokok permohonan sesuai agenda sidang.

Dihadapan yang mulia, Kuasa hukum pemohon Mulyadi Mask Phillian meminta MK untuk mengabulkan perkara permohonan pemohon dengan seluruhnya, memerintahkan KPU Halbar agar segera melaksanakan PSU pada 50 TPS yang tersebar di tujuh kecamatan Kab.Halbar dan membatalkan putusan KPU tentang pleno penetapan hasil perolehan suara atau memohon kepada MK untuk memutuskan dengan seadil-adilnya.

Menurut Kuasa Hukum Pemohon, bahwa pelanggaran yang dilakukan dianggap dilakukan secara terstruktur, sistemasik dan masif (TSM) oleh penyelenggara dan pelanggaran yang dilakukan oleh Paslon nomor 1 James Uang – Jufri Muhammad.

“Pelanggaran secara TSM yang dilakukan oleh penyelenggara salah satunya di TPS 7 Desa Sidangoli Gam Kec. Jailolo Selatan yakni memasukan pemilih DPTB yang beralamat Sulawesi sesuai KTP-e dan Mobilisasi masa oleh paslon nomor urut 1 di Desa Guaemaadu Kec. Jailolo yang tidak terdaftar dalam DPT sebanyak 50 pemilih kemudian dimasukan dalam DPTB dan dibiarkan oleh termohon (KPU)” Jelasnya dihadapan yang mulia.

Sementara, Ketua MK Anwar Usman, mengesahkan pokok pokok permohonan pemohon yang dibacakan oleh kuasa hukum pemohon dan permohonan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor Urut 1 James Uang dan Jufri Muhammad sebagai pihak terkait dalam perkara itu juga dikabulkan oleh MK.

Hadir dalam sidang tersebut Pihak Termohon Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Halbar Kordiv Hukum Maks Kurang didampingi oleh kuasa hukum Hendra Kasim, Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad didampingi Kordiv Hukum Muhammadun Hi. Adam. (SK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here