Beranda Politik Paslon JoS Bakal Ajukan Permohonan ke MK

Paslon JoS Bakal Ajukan Permohonan ke MK

227
0

KABARKAMPUMG.COM – Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), yang diselenggrakan pada 9 desember kemarin terindikasi adanya dugaan pelanggaran yang memenuhi unsur PSU dan unsur pidana pemilu.

Ketua DPC PKB Halut, Irfan Soekonay mengatakan, selain sudah melaporkan ke Bawaslu Halut oleh Tim paslon nomor urut 2, Joel Wogono dan Said Bajak (JoS), Juga akan mengajukan permohonan pembatalan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati kabupaten Halmahera Utara ke Mahkamah Konstitusi (MK)

“Kami sangat optimis untuk mengajukan ke MK terkait permohonan pembatalan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati “, ucap Irfan kepada awak media Rabu (16/12).

Menanggapi pernyataan dari Jalil Djurumudi salah satu komisioner yang mengatakan terkait ketentuan waktu dalam mengajukan gugatan keberatan oleh paslon adalah 3 hari setelah pleno KPUD. Menurut Irfan, tidak ada masalah.

Irfan mengatakan, Tim kuasa hukum JoS baik dari DPP PDIP maupun DPP PKB sudah mempersiapkan gugatan serta alat bukti.

“Bagi kami tidak ada masalah,
karena tim kuasa hukum kami sudah mempersiapkan gugatan serta alat bukti yang berkaitan dengan berbagai pelanggaran yang terjadi pada saat tahapan pungut hitung. Sehingga saat ini jumlahnya mempengaruhi selisih perolehan hasil terhadap kedua paslon.

Irfan menambahkan, kurang lebih ada 7 TPS yang masing-masing jumlah DPTnya rata-rata di atas 200 tentu ini memenuhi unsur untuk dilakukan PSU.

Menurutnya, dengan perbedaan hasil perolehan suara yang sangat kecil yaitu 619 ditambah dengan adanya dugaan pelanggaran yang memenuhi unsur PSU dan pidana pemilu. Maka kubuh Jos sudah siap untuk mengajukan permohonan pembatalan penetapan hasil penghitungan perolehan suara ke MK .

“Kami sangat Optimis, bahwa gugatan kami diterima oleh MK dan insha Allah bisa memenangkan pilkada Halut 2020 ini”, tutupnya. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here